Himbauan Kepala SMP Kartini 1 BatamTerhadap Virus Corona

SMPK1 – Sejak teridentifikasi di Kota Wuhan, Cina, akhir Desember lalu, virus mematikan corona telah menelan 56 korban jiwa. Langkah antisipasi sudah sepatutnya diambil, mengingat virus ini telah menyebar ke 13 negara di berbagai benua. Bukan tidak mungkin virus corona masuk ke Indonesia, khususnya kota Batam. Sampai Saat ini sudah terdapat seorang suspect virus corona di Rumah Sakit Embung Fatimah Batam.

Untuk pijakan hukum, negara ini punya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular. Dengan menggunakan undang-undang ini, Menteri Kesehatan berhak menetapkan jenis penyakit yang dapat menimbulkan wabah. Undang-undang ini juga mengatur upaya penanggulangan, dari pencegahan, sosialisasi kepada masyarakat, hingga penyelidikan epidemiologis untuk mengenal sifat dan faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya wabah.

Kepala SMP Kartini 1 Batam, menghimbau seluruh warga sekolah untuk waspada terhadap wabah virus Corona. “Terkhusus buat orang tua dan putra Putri kami SMP Kartini 1. Untuk terus waspada dan persiapan jika ada kepergian ke luar negeri, untuk selalu menggunakan masker, hindari kontak dengan orang banyak, serta perhatikan konsumsi makanan yang tidak jelas. Dan hindari berpergian atau kunjungan ke zoo atau sejenisnya. Semoga kita semua terhindar dari wabah ini. Aamiin” kata Kepala Sekolah SMP Kartini 1 Batam. (k1/il)

sumber: tempo.co