Virtual Graduation SMP Kartini 1 Batam

SMPK1 – Sejak awal maret Indonesia bahkan dunia dirundung virus covid-19. Seluruh rakyat Indonesia, berjuang cukup keras dalam menghadapi musibah. Virus covid-19 berdampak diseluruh aspek kehidupan masyarakat tak terkecuali di dalam dunia pendidikan. Sistem pembelajaran mulai berubah dari yang biasanya tatap muka dikelas, bertransformasi menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan). Bahkan, Ujian Nasional terpaksa harus dihapuskan demi meminimalisir keadaan.

SMP Kartini 1 Batam juga mengikuti dan mendukung program pemerintah dalam melaksanakan pembelajaran. “Alhamdullillah semua kegiatan yang dilakukan berjalan dengan lancar dan juga kita melaksanakan Ujian Sekolah berbasis online untuk siswa kelas 9” ujar Bapak Syafruddin, S. Si, Kepala SMP Kartini 1 Batam.  Di penghujung tahun pembelajaran , pengumuman kelulusan siswa kelas 9 telah diumumkan melalui Whatsapp Auto respons. Para siswa bergembira melihat pengumuman tersebut dan dinyatakan lulus. Namun, karena keadaan para siswa tidak bisa bertemu satu sama lain.

Beranjak dari keadaan ini perwakilan orangtua siswa, Ibu Evy Ratnawati Syamsir yang juga Pimpinan Redaksi Berita Antara Batam memiliki gagasan untuk mengadakan kegiatan perpisahan melalui media Zoom dan streaming Youtube. “Ini akan menjadi perpisahan yang tak terlupakan bagi anak-anak kita, meskipun mereka tidak saling berjumpa, namun setidaknya rindu diantara mereka terobati” ucap Ibu Evy Ratnawati Syamsir. Pihak sekolah dan orangtua memberi respons positif. Ibu Sri Soedarsono selaku Ketua Yayasan Keluarga Batam (YKB) sangat mendukung kegiatan ini. “Anak-anak eyang, kalian adalah generasi hebat dimasa yang akan datang dan angkatan kalian akan berjuang menghadapi abad New Normal” ucap Ibu Sri Soedarsono didalam acara tersebut. Pengawas Dinas Pendidikan Ibu Milaini juga ikut bergabung dalam kegiatan tersebut. Beliau terharu dan merasa senang dengan acara tersebut. Hari ini 14.00 WIB, kegiatan perpisahan itu dilaksanakan. Antusiasme orangtua, guru, dan para siswa sangat menggeliat selama acara berlangsung.

“Kami sangat berterimakasih kepada semua pihak, orangtua, guru dan anak-anak kami atas terselenggaranya acara ini. Terimakasih yang tak terhingga juga kami sampaikan kepada pihak Berita Antara yang cukup banyak andil dalam pelaksanaan acara ini” kata Bapak Syafruddin, S. Si didalam acara tersebut. Acara yang dipandu oleh Muthiara Maharani dan Allyssa Nur Shanty ini diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari puisi, pantun, silat dan juga nyanyi. “Perpisahan Terhebat” caption Febry salah seorang siswa SMP Kartini 1 Batam di akun instagram nya @febryeffendy132.  (k1/il)