Penerapan Pilkasis Online di SMP Kartini 1 Batam

Perkembangan teknologi dimanfaatkan sekolah untuk menerapkan berbagai kegiatan. Termasuk Pilkasis (pemilihan ketua OSIS) dengan memanfaatkan e- voting atau pemilihan secara elektronik. Sekitar pukul 09:00 WIB, siswa SMP Kartini 1 Batam mulai berdatangan ke koridor di depan kantor guru. Suasananya mirip pemilihan umum (pemilu). Bedanya, tidak ada surat suara ataupun kertas yang perlu dicoblos. Semua serba digital. Ya, SMP Kartini 1 Batam tengah menerapkan sistem pemilihan online untuk ketua OSIS (Pilkasis). Bilik suara, bukan lagi berisi bantalan untuk mencoblos. Hanya ada beberapa laptop untuk memilih calon ketua dan wakil ketua OSIS.

Proses pemilihan berjalan cukup singkat. Karena hanya butuh waktu tidak lebih dari 2 menit dari tiap siswa di dalam bilik untuk menentukan pilihannya. Bahkan hasilnya terpampang secara real time. Kepala Sekolah SMP Kartini 1 Batam, Bapak Syafruddin, S. Si menjelaskan, pemilihan ketua OSIS (Pilkasis) sistem tersebut, baru pertama kali dilakukan. Sebelumnya pemilihan masih bersifat manual. Siswa datang ke bilik dan mencoblos salah satu kandidat. Kemudian, panitia (Anggota OSIS periode berjalan) juga harus melakukan penghitungan. Perlu beberapa waktu untuk mengetahui siapa pemenangnya. Sementara, dengan e-voting, baik pemilih maupun kandidat bisa langsung mengetahui hasilnya dengan layar yang ditampilkan alias quick count. Meski demikian, persiapan yang dilakukan juga  tidak asal-asalan.

Agar tidak terjadi kesalahan saat pemilihan, guru-guru SMP Kartini 1 Batam telah melakukan riset dan membuat aplikasi pemilihanya sendiri. Sebelum diterapkan, aplikasi itu sebelumnya telah diuji cobakan. “Kita memberdayakan SDM yang ada. yaitu dengan menggunakan aplikasi yang dibikin oleh guru guru. kemudian diuji coba ke seluruh siswa (simulasi) Alhamdulillah hasilnya lancar,” kata Bapak Syafruddin, S. Si

Dari suara yang diperoleh, Tania Angelika dan Zielza Rambu Tirani ditetapkan sebagai Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS Tahun Ajaran 2019/2020.