Ekskul Musik

Untuk mengembangkan bakat anak didik di luar bidang akademis perlu wadah yang dapat menampung minat anak sesuai dengan bakat dan minat anak didik tanpa terkecuali karena pada dasarnya setiap anak didik sekecil apapun pasti memiliki talenta dalam bidang-bidang tertentu. SMP Kartini 1 Batam sangat memperhatikan hal tersebut melalui program pengembangan diri siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan talenta yang dimiliki dengan memilih program pengembangan diri yang sesuai dengan bakat dan minatnya . Band merupakan salah satu alternative pilihan dalam program pengembangan diri di SMP Kartini 1 Batam, band di SMP Kartini 1 Batam diharapkan mampu mewadahi siswa yang ingin mengembangkan talentanya dibidang musik ,sehingga tidak hanya sekedar bisa memainkan alat musik tetapi juga diberi kesempatan untuk bisa berkreasi dan berprestasi melalui even lomba di dalam maupun diluar kota.

Siswa SMP Kartini 1 Batam diharapkan dapat berkembang tidak hanya dari segi intelektual saja tapi kecerdasan emosional juga harus berkembang secara seimbang, harapan kita output SMP Kartini 1 Batam adalah siswa yang tidak hanya pintar tapi juga memiliki kepekaan dan perasaan yang tinggi terhadap lingkungan baik alam maupun sosial. Banyak ahli yang mengatakan bahwa ada korelasi atau keterkaitan antara musik dengan perkembangan kognitif dan kecerdasan emosi anak, pnelitian menunjukkan bahwa musik dapat memberikan rangsangan-rangsangan yang kaya untuk segala aspek perkembangan secara kognitif dan kecerdasan emosional (emotional intelligent). Roger Sperry (1992) dalam Siegel (1999) penemu teori Neuron mengatakan bahwa neuron baru akan menjadi sirkuit jika ada rangsangan musik sehingga neuron yang terpisah-pisah itu bertautan dan mengintegrasikan diri dalam sirkuit otak, sehingga terjadi perpautan antara neuron otak kanan dan otak kiri itu. Gallahue, (1998) mengatakan, kemampuan-kemampuan seperti ini makin dioptimalkan melalui stimulasi dengan memperdengarkan musik klasik. Rithme, melodi, dan harmoni dari musik klasik dapat merupakan stimulasi untuk meningkatkan kemampuan belajar anak. Melalui musik klasik anak mudah menangkap hubungan antara waktu, jarak dan urutan (rangkaian) yang merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk kecakapan dalam logika berpikir, matematika dan
penyelesaian masalah. Martin Gardiner (1996) dalam Goleman (1995) dari hasil penelitiannya mengatakan seni dan musik dapat membuat para siswa lebih pintar, musik dapat membantu otak berfokus pada hal lain yang dipelajari. Jadi, ada hubungan logis antara musik dan matematika, karena keduanya menyangkut skala yang naik turun, yaitu ketukan dalam musik dan angka dalam matematika.

Daryono Sutoyo, Guru Besar Biologi UNS Solo, melakukan penelitian (1981) tentang kontribusi musik yaitu menstimulasi otak, mengatakan bawha pendidikan kesenian penting diajarkan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) agar peserta didik sejak dini memperoleh stimulasi yang seimbang antara belahan otak kiri dan belahan otak kanannya. Bila mereka mampu menggunakan fungsi kedua belahan otaknya secara seimbang, maka apabila mereka dewasa akan menjadi manusia yang berpikir logis dan intutif, sekaligus cerdas, kreatif, jujur, dan tajam perasaannya. Sternberg dan Salovery (1997) mengemukakan bahwa kecerdasan emosional adalah kemampuan mengenali emosi diri, yang merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali perasaannya sendiri sewaktu perasaan atau emosi itu muncul, dan ia mampu mengenali emosinya sendiri apabila ia memiliki kepekaan yang tinggi atas perasaan mereka yang sesungguhnya dan kemudian mengambil keputusan-keputusan secara mantap Evelyn Pitcer dalam Kartini (1982) mengatakan musik membantu remaja untuk mengerti orang lain dan memberikan kesempatan dalam pergaulan sosial dan perkembangan terhadap emosional mereka, dan masih banyak lagi hasil-hasil penelitian yang membuktikan kebenaran itu.

Intinya bahwa musik bukan hanya sekedar hura-hura dan ekspresi kebebasan yang tidak terkendali tetapi merupakan suatu kegiatan yang mendukung perkembangan psikologi dan meningkatkan kwalitas intelektual anak, khususnya di SMP Kartini 1 Batam. Ayo buruan gabung ekskul musik SMP Kartini 1 Batam yang dibimbing langsung oleh Bapak Edo Rae Fernando, S.Sn di setiap hari Jum’at.